Jumat, 23 Oktober 2015

penjelasan mengenai email client, mozilla thunderbird dan microsoft outlook

Email client, email reader, atau lebih formal  Mail User Agent (MUA), adalah program komputer yang digunakan untuk mengelola email pengguna. Istilah ini dapat mengacu pada sistem yang mampu mengakses kotak surat email pengguna, terlepas dari itu menjadi mail user agent, server menyampaikan, sebuah aplikasi web yang menyediakan manajemen pesan, komposisi, dan fungsi penerimaan ini kadang-kadang juga dianggap sebagai email client, tetapi lebih sering disebut sebagai webmail.
 

Pengertian Email client adalah software yang digunakan untuk organisasi email, baik untuk akun email berbayar maupun yang gratis. Syaratnya, harus ada akun POP3-nya. Email Client biasa disebut juga sebagai Oulook Express.

 Mozilla Thunderbird adalah program aplikasi komunikasi yang berguna untuk membaca email (email client) dan RSS feed (Feed Reader). Versi terbaru program ini adalah Mozilla Thunderbird 13, yang dirilis pada tanggal 15 Juni 2012. Software Mozilla Thunderbird dibuat dan dikembangkan oleh Mozilla Foundation.
Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada kelengkapan fitur pengelolaan email secara lokal di komputer. Setting daftar akun email, pencarian pesan, pembacaan beberapa email bersamaan bisa dilakukan secara mudah dan cepat. Fitur filter atau penyortiran pesan email memudahkan Anda mengelompokkan atau merunut kronologi pesan. Demikian juga, fitur pengamanannya siap memperkecil resiko timbulnya ancaman dari email yang masuk. 



Ms Outlook adalah sebuah aplikasi pengelolaan klien email dan workgroup yang dikeluarkan oleh Microsoft, salah satu perusahaan software terbesar pimpinan Bill Gates. Aplikasi Outlook ini membantu kita dalam pengelolaan email yang tentunya lebih praktis dibandingkan dengan menggunakan internet. Biasanya MS Outlook menjadi paket dalam MS Office, sehingga untuk menginstallnya dapat dilakukan bersama-sama dengan MS Office.
Selain untuk pengelolaan email, Outlook juga mempunyai beberapa fasilitas lain seperti pengelolaan kalender kerja, meeting, jadwal tugas dll. Sebenarnya feature MS Outlook akan lebih optimal apabila di sisi servernya menggunakan MS Exchange.
 
2. OUTLOOK UNTUK PENGELOLAAN EMAIL
 

 2.1 Membaca Email
Untuk membaca email pastikan Outlook berada pada folder “Inbox”, cukup dobel klik pada pesan yang ingin dibaca. Pesan akan terbuka pada jendela baru.
Untuk mengetahui adanya pesan baru, pada windows toolbar ( sudut kiri monitor ) akan diberi tanda amplop yang diiringi dengan suara “ding” sebagai bunyi default untuk email yang tiba pada Outlook.
2.2 Membaca File Attachment
Jika Anda menerima pesan berisi file lampiran (attachment), di folder Inbox pada Outlook akan di beri tanda paperclip disebelahnya. Untuk membuka file attachment lakukan langkah berikut :
1. Buka pesan/mail message.
2. Akan ada icon dengan nama file di body text.
3. Dobel klik icon file. File attachment akan terbuka sesuai dengan program aplikasinya. Anda bisa menyimpannya atau menutup saja filenya.
Cara menyimpan file attachment.
1. Sorot file attachment
2. Klik menu File – kemudian Save attachment.
3. Pilih folder tempat menyimpan file yang diinginkan.
2.3 Membuat Sub Folder pada Inbox.
Apabila kita ingin mengelompokkan email dan menempatkannya pada folder tertentu hal ini dapat dilakukan dengan membuat folder baru di dalam folder Inbox.
Lakukan langkah berikut :
1. Pada folder Inbox klik File
2. Pilih New – pilih Folder
3. Ketik nama folder pada kolom yang tersedia.
17 of 25
Pelatihan Komputer Universitas Kristen Petra - Januari 2007
2.4 Menggunakan “Message Rule”
Message Rule berguna untuk mengatur email agar dapat diterima sesuai dengan aturan yang diinginkan. Juga berguna untuk mengelompokkan email pada folder tertentu maupun untuk memblok email yang tidak kita inginkan ( iklan, spam, pornografi, dsb).
Untuk mensetting Message Rule lakukan langkah berikut :
1. Pada folder Inbox klik menu Tools
2. Klik “Rules Wizard” ( Akan muncul menu untuk “rules wizard”)
3. Klik tombol New
4. Pilih aturan sesuai keinginan (contoh “check message when they arrive” ), akan memeriksa email begitu tiba.
5. Klik Next
6. Pilih lagi sesuai aturan yang diinginkan ( contoh “with specific word in the sender’s
address” ), akan memeriksa kata-kata khusus pada alamat pengirim.
7. Klik kalimat “specific word” yang digaris bawah.
8. Isi sesuai dengan kata yang kita inginkan. (Mis: Didin)
9. Klik Next kemudian pilih “move it to the specified folder” (akan memindahkan email ke
folder tertentu)
10. Klik specified, akan muncul window folder daripada Outlook
11. Pilih folder yang anda inginkan pada “Inbox” ( sub folder).
12. Klik Next – kemudian beri nama/judul untuk message rule tadi
13. Klik Finish
Ada kalanya kita tidak ingin menerima email tertentu yang mengganggu. Untuk memblokir suatu email yang tidak kita inginkan (iklan, spam, pornographi, dsb ) lakukan langkah berikut :
1. Pada folder Inbox klik Tools
2. Klik “Rules Wizard” ( Akan muncul menu untuk “rules wizard”)
3. Klik tombol New
4. Pilih aturan sesuai keinginan (contoh “check message when they arrive” ), akan memeriksa email begitu tiba.
5. Klik Next
6. Pilih with “specific word in the body” ( akan mencek kata-kata yang ada pada isi pesan)
7. Kemudian ketik/tambahkan kata-kata apa saja yang ingin Anda sensor/blok.
8. Klik Next kemudian pilih/cek “Delete it” ( akan langsung menghapus pesan bila tiba )
9. Klik Next – kemudian beri nama/judul untuk message rule tadi.
10. Klik Finish
Note: Option yang ada pada massage rule dapat dipilih sesuai dengan aturan yang kita inginkan pada email yang dikirim maupun yang diterima..
2.5 Membuat/mengirim Email
Untuk membuat pesan (message) baru pada Outlook ikuti langkah berikut:
1. Pada folder Inbox, klik menu File
2. Sorot New
3. Klik menu Mail Message
Note: Proses ini dapat disingkat dengan menekan icon New Mail Message (sudut kiri atas) pada toolbar Inbox .
Ada 3 jenis tujuan pengiriman yaitu : To, Cc dan Bcc. Deskripsinya sbb:
• To: tujuan standar pengalamatan pesan.
18 of 25
Pelatihan Komputer Universitas Kristen Petra - Januari 2007
• Cc: singkatan dari Carbon Copy. Jika Anda ingin mengirim pesan kepada seseorang, tetapi ingin juga memberikan copy pesan pada orang lain, cantumkan alamat emailnya pada kolom Cc selain pada kolom To.
• Bcc: singkatan dari Blind Carbon Copy. Jika Anda ingin mengirim pesan pada 2 orang,
pada koIom To dan pada kolom Bcc, keduanya akan menerima email tetapi penerima yang
ada dikolom To tidak akan mengetahui (blind) bahwa email juga dikirim kepihak ke 2
(Bcc).
Setelah menentukan bagaimana dan kemana pesan akan dikirim, ikuti langkah berikut :
1. Klik tombol pengalamatan (addressing) (To, Cc, or Bcc).
2. Pada kolom "Show Names From The :" , pastikan address list yg benar telah dipilih, klik
tanda panah down untuk memilih.
3. Dobel klik ( tekan To->, Cc->, Bcc-> ) nama orang yang ingin dikirim. Anda dapat memilih
lebih dari satu nama dengan dobel klik pada nama tsb.
4. Klik tombol OK . Anda akan kembali ke menu pesan/New Mail Message dengan alamat
email yang telah dipilih tadi.
5. Masukkan text pada halaman isian pesan.
6. Setelah selesai mengetik pesan klik tombol Send, dan pesan akan segera dikirim..
2.6 Pemakaian Group
Anda dapat mengirim email ke Group tertentu, yang terdiri dari gabungan beberapa alamat email. Hal ini berguna untuk memudahkan pengiriman email ke banyak alamat sekaligus dalam satu Group daripada menuliskan alamat email satu-persatu. Untuk membuat Group akan dibahas pada bab selanjutnya. Untuk mengirim ke Group lakukan langkah berikut :
1. Klik “To” pada pengiriman email. Akan muncul menu Address Book.
2. Pada kolom “Show Names from the : “ pilih All Groups ( atau ditempat mana anda membuat groups).
3. Klik Ok dan Send
2.7 Mengirim Attachments ( file lampiran)
Jika Anda ingin menyertakan sebuah file atau lebih pada pesan Anda, seperti dokumen atau spreadsheet,
lakukan langkah berikut:
1. Seperti biasa, buat pesan baru beserta elamat emailnya.
2. Setelah selesai mengetik pesan tekan tombol Insert pada toolbar.
3. Klik File.
4. Cari file yang ingin anda sertakan.
5. Dobel klik pada file yang akan disertakan
Note: Icon Attach File (gbr paperclip) merupakan jalan singkat untuk menyertakan file:
Setelah itu file akan dimasukkan ke dalam pesan dan siap disertakan. Cara singkat lain adalah dengan drag and drop file dari desktop atau Windows Explorer ke body pesan.
Bisaanya masing-masing server email membatasi besar file yang dikirim sesuai kemampuan. Misalnya Email domain depkeu.go.id untuk saat ini besarnya file attachment dibatasi sebesar 1 Mb.
2.8 Membalas ( Reply ) Pesan
Pelatihan Komputer Universitas Kristen Petra - Januari 2007
Ketika menerima dan telah membaca sebuah pesan (email) kemungkinan Anda ingin langsung membalas pesan ke orang yang mengirimnya. Untuk melakukan hal tersebut lakukan langkah berikut :
Standard Reply
1. Pada folder Inbox doble klik email yang ingin Anda balas.
2. Klik tombol Reply .
3. Alamat pengirim akan otomatis tercantum pada bagian To:
4. Ketik pesan anda pada body pesan.
5. Klik Send.
Reply To All
Fungsi reply to all akan membalas pesan kepada semua penerima pesan yang dituju oleh pengirim pertama.
Untuk melakukan ini :
1. Klik tombol reply to all.
2. Semua penerima akan tercantum di bagian To : dan semua alamat bagian Cc akan tercantum pada bagian Cc : juga
3. Ketik pesan anda pada body pesan.
4. Klik tombol send.
2.9 Forward ( Meneruskan ) Pesan
Ketika Anda sudah membaca pesan, dan Anda ingin juga menyampaikan/meneruskan pesan tersebut
ke orang lain, lakukan langkah berikut :
1. Buka email/pesan yang ingin Anda teruskan ke orang lain.
2. Klik tombol Forward .
Masukkan alamat email penerima. Anda dapat menambahkan komentar di body text pesan jika diinginkan.
3. Setelah selesai, klik Send.
2.10 Pemakaian Signature
Kita juga dapat menyertakan “signature” atau tanda tangan elektronik, biasanya ditempatkan pada bagian bawah email kita. Signature terlebih dahulu dibuat formatnya sehingga sewaktu mengirim email tidak perlu dilakukan berulang-ulang tetapi secara otomatis akan tertera pada bagian bawah email kita. Untuk melakukannya ikuti langkah berikut:
1. Pada Outlook klik menu Tools
2. Pilih Options
3. Pilih Mail Format ( ada di atas )
4. Kemudian klik tombol “Signature” akan muncul window untuk mengedit “signature”
5. Pilih New – masukkan nama untuk “signature” Anda.
6. Klik Next – Ketik sesuai yang Anda inginkan, demikian juga anda bisa memilih warna dan bentuk dari font.
7. Klik Finish
Signature biasanya berisi jabatan dan alamat pengirim e-mail, sehingga penerima dapat mengenal identitas pengirim.
2.11 Format Font & Background
20 of 25
Pelatihan Komputer Universitas Kristen Petra - Januari 2007
1. Pada menu Outlook klik menu Tools
2. Pilih Options
3. Pilih Mail Format ( ada di menu atas )
4. Pilih format email pada “Send in this message format” : pilih HTML
5. Klik Font untuk memformat font
6. Klik Stationery Picker untuk memformat background
7. Klik Ok
Microsoft Office Outlook adalah sebuah aplikasi pengelola informasi pribadi dari Microsoft Office Suite. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat elektronik (email). Meskipun begitu, aplikasi ini juga memiliki fungsi fungsi seperti catatan, jurnal, jadwal kerja dan kalender. Microsoft Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, dan jadwal bersama jika dikombinasikan dengan Microsoft Exchange Server.

Disalin dari : http://www.burung-net.com/2015/05/pengertian-dan-fungsi-microsoft-outlook.html
Hargai penulis, jangan hapus sumber ini.
Microsoft Office Outlook adalah sebuah aplikasi pengelola informasi pribadi dari Microsoft Office Suite. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat elektronik (email). Meskipun begitu, aplikasi ini juga memiliki fungsi fungsi seperti catatan, jurnal, jadwal kerja dan kalender. Microsoft Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, dan jadwal bersama jika dikombinasikan dengan Microsoft Exchange Server.

Disalin dari : http://www.burung-net.com/2015/05/pengertian-dan-fungsi-microsoft-outlook.html
Hargai penulis, jangan hapus sumber ini.
Microsoft Office Outlook adalah sebuah aplikasi pengelola informasi pribadi dari Microsoft Office Suite. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat elektronik (email). Meskipun begitu, aplikasi ini juga memiliki fungsi fungsi seperti catatan, jurnal, jadwal kerja dan kalender. Microsoft Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, dan jadwal bersama jika dikombinasikan dengan Microsoft Exchange Server.

Disalin dari : http://www.burung-net.com/2015/05/pengertian-dan-fungsi-microsoft-outlook.html
Hargai penulis, jangan hapus sumber ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar